Popular Post

Popular Posts

Posted by : Kurnia Pratama Lahadi Putra Jumat, 02 Mei 2014



Mercurial – The Spectre



A darkness who was ancient even in the early days of the world's existence, Mercurial is the embodiment of rage and vengeance in the souls of those long dead. Haunting her enemies with relentless fervor, she is able to throw a dagger-like projectile that allows her to chase her prey beyond physical boundaries, and the fear and the desolation struck in the hearts of those who have the misfortune of encountering her alone is a pain impossible to withstand. Spectre's thirst for destruction is insatiable, and the upcoming struggle seems to be just what she was waiting for.



INTRO


Spectre adalah hero carry, artinya dia ga bisa apa-apa tanpa item core, skill, dan exp nya. dia adalah hero late yang berbahaya, dia menyerang dan mengurangi armor dengan PURE damage. Hero ini seperti ‘hantu’, membuat jalannya sendiri yang berwarna gelap, jalan yang kalau dilalui musuh akan meninggalkan jejak hitam, dan melambat, sementara dia bisa berlari kencang di jalannya itu.

Jalan ‘hitam’ itu akan membuat hantu ini MENEMBUS apapun!! objek material, seperti melewati terrain, lembah, pohon, lubang, bangunan, dll. Tidak ada apapun yang bisa menghalanginya untuk mengejar, ataupun untuk kabur.

Dia sangat ditakuti karena sering muncul tiba-tiba dari bayangan semua korbannya. dia juga bisa ‘mengambil’ posisi salah satu bayangan musuhnya. Musuh tidak akan bisa menebak, apakah yang menyerang dia ilusi atau ASLI, karena mereka tidak pernah tahu siapa yang menjadi targetnya.

Yang lebih mengerikan lagi adalah, sebenarnya dia sangat senang berburu musuh yang sedang SENDIRIAN, jadi yang perlu dikhawatirkan sebenarnya adalah teman-mu yang sedang sendirian. karena ‘hantu’ ini menjadi semakin mengerikan, desolatenya aktif kalau mangsanya sedang sendirian, apalagi di hutan yang gelap, jauh dari keramaian,...

Yah.. karena Spectre adalah hero carry, jadi jangan berharap kamu bisa bersenang-senang di early game, apalagi MID GAME. DIharapkan kamu yang pick hero ini sudah banyak ‘makan asam garam’ di DotA, karena kamu harus SERIUS, hero ini punya tanggung jawab PALING BESAR di tim, peran utama, JANTUNG nya tim, dan memainkannya juga akan sangat beresiko besar .




Name: Mercurial

Affiliation: AGI Scourge
Strength: 19 + 2
Agility : 23 + 2.2
Intelligence: 16 + 1.9
HP: 511
HP Regen : 0.82
Mana: 208
Mana Regen : 0.65
Damage: 46 - 50
Armor: 3.3
Movespeed: 295
Range: 100 (melee)
Attack Speed : 0.72
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800/800


Keunggulan dan Kelemahan

KEUNGGULAN

1. Ulti berefek global (Maphack!)
2. Nuke + slow yang sangat bagus, dan range nya jauh pula
3. Punya salah satu skill ngejar /kabur terbaik (reality)
4. Tidak butuh Phaseboots / Dagger, dan mungkin juga Travel


KELEMAHAN

1. Rapuh bgt, gampang dibunuh
2. Bergantung dengan Item core nya untuk jadi kuat (carry)
3. Mana cost nuke dan ultinya sangat mahal, bahkan untuk level 1
4. Melee



SKILL

Spectral Dagger


The Spectre launches a deadly dagger that trails a Shadow Path. Deals damage to the targets in its path. Units hit by the dagger will also trail a Shadow Path. The Spectre becomes phased (gains zero collision) while on the path.

Level 1 - Spectre gains 5% movespeed, enemies lose 5%. Deals 50 damage,
Level 2 - Spectre gains 9% movespeed, enemies lose 9%. Deals 100 damage,
Level 3 - Spectre gains 14% movespeed, enemies lose 14%. Deals 150 damage,
Level 4 - Spectre gains 18% movespeed, enemies lose 18%. Deals 200 damage,

Durastion : 12 Detik
Casting range: 2000
Area of Effect: 150
Mana Cost: 130/140/150/160
Cooldown: 16 Detik

- Skill yang sangat berguna untuk ngejar
- Damage nya Area (150 AoE) dan sejauh 2000 range, lumayan buat nuke dan creeping
- Mana cost nya sangat mahal, jangan sering2 digunakan untuk creeping
- Spectre masih mendapat efek nya selama 4 detik setelah keluar dari AoE
- Musuh masih mendapat efek nya selama 7 detik setelah dia keluar dari AoE
- Untuk Musuh yang magic immune, tetap kena slow, tapi Damagenya TIDAK
- MS dagger ini adalah 857.15 ranget per detik.
- Spectre mendapat vision dari skill ini di sepanjang AoE nya
- Tipe dmg nya Magical, jadi dikurangi resistance, Damagenya di block spell immunity


Desolate


Deals bonus damage that cuts through armor when attacking a hero that has no nearby allied units. Works on Illusions.

Level 1 - Deals 20 bonus damage.
Level 2 - Deals 35 bonus damage.
Level 3 - Deals 50 bonus damage.
Level 4 - Deals 65 bonus damage.

- Tipe Damage PURE = tidak dikurangi apapun
- Damage akan diterima target sebelum terkena pukulan spectre
- Hanya aktif kalau musuh itu sendirian di 350 range
- Ilusi-ilusi mu juga mendapat skill ini


Dispersion


Causes any damage taken by Mercurial to be reflected onto all enemies in a 1000 AoE.

Level 1 - 10% of damage.
Level 2 - 14% of damage.
Level 3 - 18% of damage.
Level 4 - 22% of damage.

Area of Effect: 1000


- Tipe damage PURE = Tidak dikurangi apapun
- Damage yang diterima spectre akan dikurangi dari skill ini (sebelum dikurangi armor)
- Damage dispersion tergantung dari jarak musuh ke spectre. 300 range untuk Full damage, dan akan semakin berkurang sampai sejauh 1000 range.
- Efek damage dispersion tidak men-disable kelen's dagger musuh.
- Ilusimu TIDAK mendapat skill ini


Haunt


Creates a haunting image beside each enemy hero. These images are uncontrollable, take 200% damage, deal 40% damage and each of them will attack only its pair. Haunting images have a 1 second delay before they become active.

Level 1 - Creates an Illusion beside each enemy hero, lasts 5 seconds.
Level 2 - Creates an Illusion beside each enemy hero, lasts 6 seconds.
Level 3 - Creates an Illusion beside each enemy hero, lasts 7 seconds.

Mana Cost: 150
Cooldown: 120


- Ulti Spectre, skill MAPHACK. Ilusi spectre akan muncul di posisi semua musuh.
- Ilusi mendapat Desolate yang selevel dengan Spec, tipe damagenya juga PURE
- Ilusi TIDAK bisa dicontrol, diperintahkan (otomatis = Dummy) untuk nyerang musuh.
- Base MS ilusi adalah 400
- Ada delay selama 1 detik sebelum ilusi mulai nyerang

Reality


Target a location to replace the nearest Haunt Illusion immediately.

Cooldown : 10 Detik

- Spectre langsung berada di lokasi ilusi yang kamu pilih..
- Setelah reality digunakan, Haunt tidak berakhir, ilusi belum sampai durasi berakhir.

SKILL BUILD

1. Spectral Dagger
2. Desolate
3. Spectral Dagger
4. Desolate
5. Spectral Dagger
6. Haunt
7. Spectral Dagger
8. Desolate
9. Desolate
10. Dispersion
11. Haunt
12. Dispersion
13. Dispersion
14. Dispersion
15. Stats
16. Haunt
17 - 25. Stats

Spectral Dagger adalah skill pertama yang harus mentok, akan digunakan untuk nge-slow saat nge-bokong, nyicil atau saat ngejar. Juga berguna untuk creeping.

Desolate menambah Damage pukulan mu dengan Pure damage, 45 damage pure di level 4 kalau musuh itu sedang sendirian, itu lebih baik dari relic kalau dimanfaatkan sebaik mungkin, selain itu, Ilusi juga mendapat skill ini, karena km akan ngambil haunt di level 6 .

Damage Dispersion berdasarkan %, untuk early game itu tidak berguna, karena damage yang km terima dan yang direfleksikan juga sudah pasti ga akan berasa bgt. Ambil belakangan aj (di mid).

Haunt adalah skill utama killingmu, spectre di build untuk menjadi killer, apapun yang akan membantu ngekill harus punya secepat mungkin : )

Item Build dan Gameplay


EARLY GAME




ITEM

Item Awal :


1 tango,1 salve, dan 3 branch. Quelling blade akan membantumu nge-last hit dengan bonus damage untuk creep nya. Item regen HP sudah pasti wajib dibawa, dan 3 branch untuk menambah Kapasitas. Kalau musuhmu banyakan nyerang physical, sebaiknya beli stout shield juga.


Item Core :

WRAITH BAND


Wraith Band menambah Kapasitas HP dan Mana, dan juga beberapa Damage. Spec akan membutuhkan statsnya untuk bertahan di sepanjang early game, dan sebagai modal juga untuk mendapatkan item core lebih cepat. Kusarankan beli 2.


Boots of Speed


Meski item core yang kamu kejar mahal-mahal, tapi bonus 50 Movespeed sepatu ini akan membantumu kabur dan lolos dari bokongan, jangan dilewatkan.


STRATEGY

Drafting..

Jangan Pick Spectre
1. Kalau musuhmu banyak yang pick Summoners/Cloners.
2. Kalau musuhmu banyak pick permapusher/nuker/disabler.
3. Tim kalian sudah punya lebih dari 2 carry.
4. Anda penakut, tidak berani.
5. Anda malas farming.


Pick Spectre
1. Kalau musuh kalian kebanyakan hero 1 vs 1
2. Tim kalian membutuhkan jasa Carry + Initiator sekaligus
3. Tim kalian masih membutuhkan hero untuk Tanker/Semi-Tanker.
4. Anda malas ikut war/ngebokong, tapi rajin creeping.
5. Ingin menjatuhkan mental para ganker lawan.


Peran
Carry/Semi-Carry = Inilah peranmu.
Ganker/Disabler = Kurang Cocok.
Nuker/Pusher = Tidak Cocok!
Support/Warder = No
Initiator = bisa.
Tanker/Semi-Tanker = semi-tanker.


Sudah jelas spectre adalah hero carry, ga punya apa-apa di early, tp kalau sudah megang item core nya, spec menjadi hero yang sangat KUAT. Nah.. karena itu seperti carry lainnya, creeping adalah yang paling penting di ealy-mid game.

Butuh sedikit kesabaran kalau mau melihat kehebatan hero ini, dan sebenarnya tidak gampang membuat hero ini jadi. Km butuh support yang baik di early game, untuk mendapatkan item mu secepat mungkin, karena km menjadi killer utama sekaligus pembka war tim mu di late game.


LANE

Lane untuk hero carry yang melee adalah DUAL LANE, di lane manapun yang penting km punya partner lane. selama proses lane, km harus bertahan selama mungkin, naikin level secepat mungkin supaya km bs cepat main utan, ingat beli quelling blade sebagai item awal, sangat membantumu creeping.


Partner yang paling kusarankan adalah hero BABYSITTER, untuk melindungimu selama main lane, nge-support, heal, nge-tank, pokoknya dia ‘Bodyguard’ mu di awal game, segala kebutuhan lane mu akan dipenuhi oleh mereka, sampai levelmu cukup untuk bisa mandiri dengan creeping di hutan.

Seperti hero carry lainnya, mempelajari situasi lane itu SANGAT PENTING, situasi lane di early game akan sangat berbeda kalau kamu memakai hero carry, dan ga akan se-menyenangkan kalau km memakai nukers. Ketahui situasi lane, berdasarkan ‘tipe’ serangan musuh dan jumlah musuh di lane mu.

1 Melee : your lucky day! Dia melee, ga akan berani mendekati kalian, kuasai area creep, kalau dia maju, pukul2 aj untuk nyicil. Untuk situasi ini, ga ada yang perlu km khawatirkan, bahkan mungkin kalian akan mendapatkan kill. Tapi, tetap hati-hati karena mata ganker musuh akan selalu mengarah ke lane solo mereka, jangan jauh-jauh dari babysitter atau tower mu, perlindungan mereka sangat berarti untukmu.

2 Melee : lumayan, meski ga semudah melawan 1 melee, setidaknya karena keduanya melee, jadi mereka akan jaga jarak dengan kalian, tetap kuasai area creep, mereka ga akan berani mendekat kalau kalian udah menguasai area creep.

1 Range : hmm.., meski dia sendirian tp hero range adalah pengontrol lane yang baik, nge-last hit tidak akan semudah situasi di atas, maju nge-last hit kalau ada kesempatan, misalnya kalau dia terlalu mundur atau hilang di FoW, hati-hati aj kalau dia super nukers atau stuner, sasaran spell nya akan selalu ke kamu.

1 Range dan 1 melee : wew, makin sulit aj, keadaan kalian mungkin sama, mengingat km adalah hero melee. Tetap main safe, dan kali ini jangan terlalu berharap bisa mneguasai area creep

2 Range : Gawat! Untuk kepentingan tim mu, kusarankan km pindah/tukar lane secepat mungkin, melawan 2 hero range adalah situasi yang paling sulit, 2 supernukers/disabler/stunner melawan carry-MELEE itu sungguh mimpi buruk!


Jadi di lane jangan ikutan ribut dengan musuh, main safe aj dulu, early game bukan saatnya untukmu bersenang-senang, fokus utamamu adalah GOLD, EXP, GOLD, dan GOLD!!

Dapatkan last hit sebanyak mungkin, babysitter akan nge-cover km. Kebanyakan babysitter (yang bijaksana,swt) ga akan nge-last hit kok : )


Penggunaan SKILL :

Skill untuk hero carry di early game bukan hal yang terlalu penting. Skill akan km gunakan kalau km dibokong, dikejar, pokoknya untuk pertahanan aj. Dan kalau punya cukup mana, dagger lumayan jg untuk bantu creeping.


SPECTRAL DAGGER :

Sedikit aturan penggunaan skill ini..

- Kalau ada musuh sekarat yang berhasil kabur, dan tidak ada temanmu yang bisa ngejar, jangan ragu menghabisinya dengan skill ini, atau kalau belum mati, dikejar aj lalu bunuh!

- Dagger memberimu vision sight sejauh 2000 range, gunakan untuk ngecek area hutan selama di lane kalau km merasa kedatangan ganker, lalu cepat2 mundur ke tower.

- Gunakan sekali2 untuk last hit area di lane, sekalian nyicil hero. Usahakan semua musuh terkena.

- kalau mau nyicil, jangan ngeklik skill ini ke hero nya, tp klik di TANAH, kecuali disana hanya ada 1 hero, sebaiknya klik hero nya aj.

- Kalau Haunt sedang cooldown, dan semua hero menghilang di minimap, gunakan untuk ‘melihat’ lokasi roshan.

- Jejak (bayangan hitam di tanah) tetap muncul untuk hero invis, jadi gunakan untuk mengikuti jejaknya.

- Gunakan saat ngutan, untuk 2 camp, sebelum km ngambil dispersion.

-Gunakan saat dikejar musuh, skill ini memberimu 0 collision, tp jangan gunakan di jalan yang bisa dilalui (kesalahan yang sering terjadi ). Gunakan untuk menembus pohon, creep, bukit, lembah...apapun!



DESOLATE

Ada satu aturan penting untuk memanfaatkan skill ini, yaitu kalau km melihat ada musuh creeping di hutan sendirian, siapapun dia, km pasti bisa membunuhnya. Maksudku, target utamamu memang adalah hero yang sedang sendirian, karena desolate akan aktif kalau tidak ada satupun unit/teman/creep nya di 350 AoE.

Jadi saat proses ngutan, jangan pernah takut bertemu hero yang sedang sendirian, (ingat! Yang sendirian aj ), aktifkan haunt dan km akan mendapat damage desolate 2 kali lipat.


DISPERSION

Ga ada yang begitu penting untuk kubahas disini, yang jelas di late game, skill ini baru akan terasa ‘sakit’ nya ke musuh2 mu. Semua tipe damage yang km terima akan direfleksikan, dan semakin late damage dari masing2 musuh mu akan semakin sakit, keuntungannya lg adalah perhitungan damage skill ini berdasarkan %, artinya semakin besar damage yg kamu terima akan semakin besar juga total yang direfleksikan.

Karena itu, di late game untuk memanfaatkan potensi skill ini seefektif mungkin, spectre sebaiknya menerima damage, bukan nge-block nya dengan BKB. Jadi item2 super regen HP seperti Heart of Tarasque akan sangat membantu. Sedikit tambahan skill ini tetap AKTIF kok saat sedang status ‘hex’, tp TIDAK kalau sedang di doom T_T)

Sebenarnya Dengan AoE seluas itu (1000) akan membantu mu creeping 2 camp sekaligus di hutan : )


COMBO

Combo spell ini akan km gunakan untuk membunuh, dan sasaranmu kali ini adalah hero yang benar2 sedang sendirian, kalau tidak km akan menyesal membuatnya kabur dengan HP 30.

Jadi HAUNT adalah skill utama untuk killing mu di early game, dagger untuk nge-slow, dan dengan ngambil 2 level desolate sebelum level 6 untuk mendapatan kill dengan mudah dari hero yang sedang sendirian.


Skenarionya adalah..

- Cari musuh yang HP nya tinggal setengah, sebaiknya yang HP nya tipis seperti hero AGI atau INT

- Pastikan dia sedang sendirian, ward akan membantu memastikannya, hehe..

- Aktifkan haunt, tunggu selama mungkin yang kau bisa sebelum menggunakan reality, biarkan ilusi memukul dulu selama durasi. Kecuali musuh sudah bisa dilast hit atau mencoba kabur silahkan langsung reality. Sebaiknya selalu hitung, seperti SATU..DUA...TIGA..EMPAT.. baru tekan ‘R’ (reality)

- Reality ke posisi hero yang sedang sendirian,lalu langsung gunakan dagger ke arahnya.

- Kejar dan pukul2, kalau dia sendirian damage mu akan dibantu dengan +25 Pure Damage desolate (lvl 2)

Combonya akan seperti ini..

 hit    hit 




Seperti yang sudah dijelaskan, early game bukan saatnya bersenang-senang untuk carry, kamu hanya perlu creeping untuk mendapatkan item core secepatnya. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa bunuh juga, spectre juga punya potensi bunuh di early game dengan skill-nya, tapi yang bisa dibunuhnya masih hero tipis yang sedang sendirian, itupun yang HP nya tinggal setengah dan dibantu teman-teman.

Sebaiknya siapkan Item-item core mu secepat mungkin, terutama thread STR, sebagai modalmu untuk menghadapi sulitnya mid game, dimana GANKER sudah berkembang, bangkit dan siap untuk membunuh. kabar buruknya adalah.... target utama mereka itu KAMU!!!

MID GAME




ITEM

BLADE MAIL

Item ini penting buatmu, sinergi dengan skill dispersion yang menyerang musuh yang nyerang kamu. Sangat dibutuhkan terutama karena kamu carry yang akan sering dibokong sebelum item coremu jadi.


POWER THREADS STR/AGI


Sepatu yang paling cocok untuk sebagian besar hitter, Power threads menambah MS, Attack Speed, dan stats. Gunakan yang STR untuk menambah ketahanan (HP) ,lalu ganti menjadi AGI di mid-late game untuk mendapatkan lebih banyak damage untuk ilusimu.


DIFFUSAL BLADE


Item ini memberikan Damage, Attack Speed, armor, kapasitas Mana, Purge, feedback, dan yang terpenting, semua itu juga didapatkan oleh ilusimu. Feedback STACK dengan Quelling Blade, satu-satunya orb yang STACK. Purge sangat membantu saat ngejar, debuff, me-remove skill2 berbahaya, dan jg me-remove Repel. Upgrade ke level 2 kalau sudah menggunakan sedikitnya 5 charge. Atau mending gold nya simpan untuk Manta aj.


STRATEGY

Nah, mid game adalah masa yang paling suram untuk hero carry, dibanding hero2 lainnya, ujian terberat hero carry adalah MID GAME!! Jadi, kalau km merasa early game tidak menyenangkan, Itu belum seberapa dibanding ujianmu kali ini..

Ganker musuh ga akan pernah diam, target utama mereka adalah KAMU, mereka ga akan pernah PUAS membunuhmu. Mereka punya keuntungan besar melakukannya di mid game, saat masa produktif mereka dimulai, Sementara km masih terlalu muda untuk melawan.

Target mid game mu adalah DIFUSAL BLADE. Kalau km sudah megang itu, berarti sudah lumayan aman, dan akan mulai terasa menyenangkan. Tp Kalau km berencana beli radiance, sudah pasti km harus bersabar lebih lama, creeping lebih sering lg, dan bertahan..


HAUNT

Sedikit aturan tentang penggunaan Haunt..

- Gunakan kalau kamu melihat ada musuh yang sendirian ngutan, melalui ward di mini map, atau kebetulan nge-liat aj.

- Setelah haunt usahakan tunggu selama mungkin sebelum menggunakan reality, biarkan ilusimu memukul dulu beberapa kali selama durasinya, sebaiknya hitung durasinya.. Kecuali musuh itu sudah bisa dilast hit oleh ilusi (tidak perlu reality). Kalau musuh itu mencoba kabur sebaiknya langsung reality.

- Kalau semua musuh tidak terlihat di minimap, jangan simpan skill ini, gunakan saja, bisa saja mereka sedang di roshan.

- Gunakan haunt sebagai pembuka war, jadi bukan saat war selesai untuk mengejar musuh kabur.

- Gunakan untuk menghabisi musuh sekarat yang sudah kabur jauh, tapi INGAT!! Gunakan kalau benar-benar sudah tidak terkejar lagi oleh teman2mu!!



Spoiler Screenshot





- kalau perlu gunakan unuk mengusir musuh yang sedang push tower..



Spoiler Screenshot





COMBO + DIFUSAL

Skenarionya masih sama dengan combo spell sebelumnya, tp kali ini ditambah purge untuk nge-slow kalau durasi dagger selesai, tp target belum mati..

 (hit) (Hit)

Jadi kali ini targetmu tidak harus sendirian, tp lebih bagus lagi kalau dia sendirian, dan sebaiknya masih yang HP tinggal setengah. Purge akan membantu mendapat lebih banyak hit kalau durasi dagger selesai, atau menggunakannya selama dagger juga bagus..

Dengan difusal atau radiance, berarti kemungkinan untuk ‘bersinar’ di late akan semakin besar, jadi sebelum memiliki salah satu kedua item itu, sebaiknya jangan sering2 ikutan war dulu, fokus ke item itu dulu..



Teamwork yang baik adalah solusimu di mid game, supaya beban berat menjadi carry tidak hanya ditanggung olehmu, semua teman harus ikut andil untuk membantumu ‘jadi’.

Support yang baik akan menolongmu, warder sebaiknya memastikan km aman creeping dihutan, babysitter sebaiknya selalu siap datang ke lokasimu kalau terjadi apa-apa, dan Ganker yang juga punya peran yang ga kalah pentingnya denganmu, harusnya sukses nge-bokong carry lawan. Semua itu harus direncanakan matang-matang, demi masa depan tim kalian : )



LATE GAME




ITEM

MANTA STYLE


Menambah selurh stats, apalagi AGI nya, Selain itu juga menambah MS, artinya dengan dagger, purge dan Manta, ngejar target akan semakin mudah saja. Sama seperti difusal, yang diberikan item ini juga didapatkan oleh ilusi. Jadi selain nambah damage sekaligus nambah ketahanan ilusi, dan yang terpenting, nambah total Pure damage Deolate lagi dari ilusi2 manta : )


ALTERNATIVE

RADIANCE BUILD


BEST BUILD untuk spectre, kenapa? Kalau sejak awal berencana untuk membeli radiance, kemenangan akan diraih oleh tim mu. Kalau berhasil mendapatkan item ini di early-mid game, km akan mendapatkan item core mu selanjutnya 2 kali lebih cepat, dan kalian akan mendominasi war late game dengan lebih cepat juga : )

Efek DPS area immolation dipadukan dengan dispersion akan menghasilkan DPS area yang luar biasa, bisa membersihakn segerombolan creep dengan mudah. Sebenarnya boleh km tambah dengan vanguard setelah radiance, mengingat damage dispersion sebelum dikurangi armor, jadi menambah armor atau nge-block damage tidak akan mengurangi total damage yang direfleksikan.

Sayangnya, build ini SANGAT BERESIKO! Banyak hal yang harus dipertimbangkan matang-matang sejak awal kalau mau nge-build Spec seperti ini, jangan sampai relic mu ga jadi-jadi..

1. km harus jago nge-last hit, setidaknya semua creep yang ditemui harus km yang nge-last hit.
2. tim mu harus punya support - WARDER, karena km akan sering berada di hutan.
3. Sebaiknya tidak ada hero yang wajib ngutan di tim mu, seperti Chen,dll.
4. Apapun yang terjadi jangan mati!, 2 /3 kali dibunuh aj,km tinggal berharap aj ada keajaiban.


Efek immolation jg didapatkan oleh ilusi, tapi damage nya tidak, untuk mengisi slot item selanjutnya silahkan pilih di luxury items.

Mask of Madness
(Credit: Luthfi SevenLaw)

Alternatif orb terbaik dari Diffusal. Bonus damage saat berserk aktif akan semakin mempersakit efek dispersion.


Satanic


kalau tidak butuh difusal lagi (bisa karena kalian sudah banyak slower, atau ada teman yang sudah punya difusal). Tambahan STR nya juga membuatmu dan ilusi bertahan lebih lama, merefleksikan damage lebih banyak juga.


Mjolnir


Yang pasti sangat sinergi untuk reflaction, nice orb buatmu.


LUXURY

HEART OF TARASQUE


Item tambahan yang paling kusarankan untuk spec, bahkan ini termasuk CORE untukmu di late game, item ini menambah ketahananmu dan ilusi2 dengan tambahan stats STR nya, yang juga baik untuk dispersion. Spec dengan dispersion sebaiknya MENERIMA damage, bukan nge-block, atau evade. Dengan item ini km ga perlu khawatir lg terkena sangat banyak damage.


THE BUTTERFLY


Beli kalau musuh banyak yang nyerang physical, atau permabasher. Km ga akan membutuhkan evation kalau musuhmu banyak nukers yang nyerang area, aplagi kalau banyak disablernya. Sebenarnya km ga begitu cocok pake evation, karena km harus nerima damage, tp stats AGI nya bagus bgt sih..


BURIZA DO KYANON


Ilusi juga bisa critical, dan di late game kalau ditambah dispersion, bs menghasilakn 400-500 dmg critical. Sayangnya ilusi tidak mendapat tambahan ‘damage’ dari item ini.


MONKEY KING BAR


nice choice.. counter untuk hero2 evation. Tp Sama dengan buriza, item ini tidak memberikan lebih ke ilusimu, maksudku tambahan ‘damage’ nya hanya berguna untukmu.


VANGUARD


Damage dispersion sebelum dikurangi armor atau damage yang di block, jadi membeli item ini tidak akan mengurangi damage dispersionmu, malah km untung, karena semakin sedikit damage yang akan km terima : ) beli setelah difusal kalau mau, atau setelah manta lebih bagus lagi..


SANGE AND YASHA


Item ini memang mempermudah saat pengejaran, tapi disitu masalahnya, km sudah punya dagger yang membuatmu bisa nembus apapun ( 0 collusion), km ga terlalu butuh maim lg, apalagi kamu juga punya Purge. Dan bonus AS dan MS item ini juga tidak stack dengan Manta.


AEGIS OF IMMORTALITY


Aegis adalah milik carry!! ^^


REJECTED ITEMS!!

STYGIAN DESOLATOR


Km sudah punya PURE damage corruption, desolate. Purge lebih baerguna untukmu.


CRANIUM BASHER


Ilusi tidak bisa bash, dan tambahan ‘damage’ nya pun tidak,so? Ilusi mu tidak mendapat apapun.


PHASE BOOTS


km akan rugi banyak hal kalau membeli sepatu ini, PT dan travel masih jauh lebih baik dari sepatu ini untuk spec.


ASSAULT CUIRASS


Ilusimu tidak mendapat AS, dan armor, bahkan auranya.


BLACK KING BAR


Mending ga usah punya dispers aj kalau mau beli ini. Kecuali musuhmu banyak disabler, baru item ini akan sedikit berguna.


ITEM SUPPORT


Spectre adalah KILLER, sama sekali ga punya potensi support.




STRATEGY

Moment terbaik pemakai Spectre, karena spectre adalah hero Late. Item core mu sudah jadi, dan battle akan terasa semakin menyenangkan untukmu, tidak ada lagi kata ‘kabur’ atau sembunyi, yang ada hanya maju / kejar - BUNUH!

Untuk saat ini, sebaiknya km harus selalu berada di sekitar teman2 mu, ga ada waktu untuk creeping lagi, saatnya untuk PUSH, teman2 mu ga mungkin PUSH kalau tidak ada kamu. Jadi gunakan skill2 mu fokus saat war saja.

Manta Style adalah item yang km kejar selama late game, akan semakin menambah potensi skill2 mu. untuk mendapatkan manta, km ga harus creeping aj, tp dengan membunuh juga. Karena Spectre memang sangat mendominasi late game.


WAR 

Saat war peranmu adalah KILLER! Skenario mu saat war akan seperti ini..

-Keluarkan ilusi (manta), lalu maju.. musuh akan mulai kebingungan untuk nyerang km yang ada 3, km butuh jarak sedekat mungkin dengan musuh sebelum menggunakan dagger dan haunt, jadi ilusi2 akan membantu.

- gunakan dagger, memberikan keuntungan besar kalau ngeslow mereka semua, jadi usahakan semuanya terkena efek dagger.

- Lalu gunakan HAUNT!! Haha.. semakin bingung lagi mereka, ada 8 ‘hantu’ disekitar mereka, dan itu kode untuk teman2mu untuk MAJU! Nge-bantai musuh.

- Gunakan Purge ke musuh yang berhasil kabur..


Tp bagaiman kalau Spectre jauh dari di loaksi war? Bukan masalah tentunya selama spec memiliki Hanut. Skenario war untuk spectre yang tidak ada di TKP akan seperti ini..

War di lane mid, sementara spectre tidak ada di TKP. jumlah musuh dan teman disana sama, battle akan terasa imbang. Tapi mereka salah.. ‘ada gula ada semut’, dimana ada musuh, disitulah spectre berada.. hahahah..



Spoiler Screenshot





itu alasan kenapa spec sangat ditakuti kalau dia ‘jadi’, karena spec termasuk pembuka war mantap dengan haunt + Manta nya. Jadi jelas dengan 8 Spectre selama 7 detik akan sangat mudah mendominasi war siapapun lawan kalian : )



Okay, seperti itulah Spectre late game, sangat mudah memenangkan war kalau ada spectre ‘jadi’ di tim. Seperti yg sudah kukatakan, radiance build adalah yang terbaik untuk spectre, tp kembali lg ke tim mu, karena build itu paling beresiko di early-mid game, jangan gunakan kalau ragu, karena yang rugi adalah teman2 mu juga.

Tapi kalau km berhasil mendapatkan radiance di early/mid game, kemungkinan besar Kalian MENANG! Menambah 40 DPS immolation akan sangat membantumu creeping dengan super cepat, mendapatkan item core mu 2 kali lebih cepat. Karena semakin cepat kamu jadi, semakin cepat kalian OWNING!





FRIENDS


STUNNER/DISABLER


mempermudah melakukan tugasmu untuk membunuh. Mereka bisa menggantikanmu membuka war juga.


BABYSITTER


Seperti carry lainnya, kalau se-lane dengan mereka, early game mu akan terasa menyenangkan. Heal, magic immune, Armor, segala yang km butuhkan untuk membangun modalmu di early ada pada mereka. Bahkan radiance build tidak lagi terlalu beresiko.


SLOWER


Slower sangat dibutuhkan untuk ngejar.


SUPPORT


Semua carry sangat bergantung dari teman support mereka di early-mid game. Siapapun yang akan nge-support di early-mid game adalh best allies mu.


WARDER


Km akan menghabiskan early-mid game mu dengan creeping di hutan. Km sangat bergantng dengan kemampuan warder mereka juga.





ENEMIES
NUKERS


Tugas penting hero-hero ini adalah untuk mengusirmu dari lane dengan menyicil, membuatmu ketinggalan level dan Item. Kalau mereka sukses di early game, mungkin tidak akan ada late game untukmu..


GANKERS


Kuman tetaplah kuman, target utama hero ini adalah hero-hero seperti kamu, tujuannya sama dengan hero nukers, dan jangan pernah meremehkan kemampuan ganking mereka di MID GAME.


TANKERS


Sebenarnya mereka termasuk masalah besarmu di war late game. HP dan Armor mereka sangat tebal (kalau jadi),dan mereka selalu ada dibarisan depan, sementara target pertamamu di war bukan mereka.


DISABLER


Emang begini jadinya kalau km memakai hero carry, punya banyak counter -_-) maklum aj, siapapun akan berusaha mencegahmu jadi, dan asal kau mau tau aj, disabler adalah musuh TERBESAR hero carry, mereka yang paling menyebalkan untukmu, karena target utama disable2 mereka di war adalah kamu!


ZERO COLLISION


0 collision artinya hero2 ini tidak punya masalah untuk nembus apapun, sama seperti daggermu. Artinya mereka bisa mengejar / menangkapmu meski dalam area dagger, menembus pohon, bukit, lembah. Tp Sebenarnya hero dengan phase boots/ windwalk TIDAK bisa menembus bukit, pohon, dll


BLINKERS


Jelas km akan kesulitan mengejar mereka.


Eredar


Disaat kamu Haunt! Lalu menemukan dia sendirian, sebaiknya jangan reality ke dia.. Karena sebenarnya dia tidak sendirian, justru KAMU yang sendirian! Ilusi disruption-nya menerima efek desolate-mu.


CLONERS


Mereka adalah masalah terbesarmu di sepanjang battle. Haunt akan menyerang yang asli, tp masalahnya bukan itu, Dispersion mengubah damage yang km terima untuk nyerang area di sekitarmu, desolate hanya aktif kalau targetmu itu hanya sendirian, tapi kalau mereka membuat ilusi, dispersion damage akan terbagi rata ke semua imagenya, lalu desolate? Tidak akan aktif!! counter terbaik untuk skill2 Spectre..


Earthshaker


Haunt di area war hanya memperparah echo damage hero ini.

CLOSING

Spectre termasuk hero yang paling sering di ‘reworked’. Banyak yang baru darinya, tapi banyak juga yang sudah tidak ada padanya. Kalau dulu, km hanya perlu menggunakan Haunt dan reality langusng (ga ada ‘menunggu’, ga ada ‘cancelling’) dan km bisa bunuh. Sekarang, km harus benar2 fokus meningkatkan potensi Ilusi-ilusimu, dan sejak awal harus merencanakan item mu untuk di build seperti apa .

Cukup sulit membuat hero ini jadi, sementara musuh sangat mudah mencegahnya jadi. Tim mu harus menjadi support yang baik untukmu. Sekarang dia termasuk hero yang paling sulit dimainkan, jadi kalau mau pake hero ini, km harus siap menerima banyak resiko.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Rokudzaime Navypet - Powered by Blogger - Distributed By Rokudza Themes - Designed by Rokudza