Popular Post

Popular Posts

Posted by : Kurnia Pratama Lahadi Putra Senin, 05 Mei 2014























PROPOSAL PRAKTIK INDUSTRI
Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro
































JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2014



























LEMBAR PENGESAHAN



Proposal Praktik Industri ini telah diperiksa dan disetujui oleh Koordinator Praktik Industri Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik – Universitas Negeri Malang, sebagai kelengkapan berkas permohonan ijin melaksanakan Praktik Industri ke Institusi/Perusahaan/Industri.





Malang, 3 Maret 2014


Menyetujui,

Ketua Jurusan Teknik Elektro,                          Koordinator Praktik Industri,





Drs. Slamet Wibawanto, M.T.                        YUNI RAHMAWATI, S.T., M.T.
NIP 196107131986011001                            NIP 197206071999032002























A.    LATAR BELAKANG
Program pendidikan di Univeristas Negeri Malang dikembangkan bertolak dari perangkat kemampuan yang diperkirakan dipersyaratkan bagi pelaksanaan tugas-tugas lulusan yang telah ditetapkan dan bermuara pada penguasaan perangkat kemampuan akademik dan professional oleh para lulusan setelah mengikuti sejumlah pengalaman belajar. Pembentukan kemampuan akademik, professional, dan vokasi program pendidikan memerlukan pengintegrasian fungsional antara teori dan praktik serta materi dan metodologi penyampaiannya. Pembentukan kemampuan akademik, profesional, dan vokasi program pendidikan memerlukan pengalaman lapangan yang bertahap secara sistematis.
Guna mendapatkan pengalaman tersebut maka Jurusan Teknik Elektro UM menetapkan matakuliah Praktik Industri sebagai matakuliah yang wajib ditempuh baik oleh mahasiswa Program Diploma maupun Program Sarjana. Praktik Industri sebagai matakuliah wajib memiliki bobot 4 sks/16 JS. Praktik Industri termasuk dalam kelompok matakuliah Program Pengalaman Lapangan Non kependidikan, adalah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan pada perusahaan atau industri secara terbimbing dan terpadu dalam keahlian sesuai dengan bidang studi, sebagai wahana pembentukan kemampuan akademik (profesi). Jangka waktu pelaksanaan Praktek Industri berkisar antara 8 sampai dengan 10 minggu (400 s.d 500 jam kerja). Praktik Industri dilakukan baik  secara individu maupun berkelompok yang  dibimbing oleh satu orang Dosen Pembimbing dari Jurusan dan satu orang Pembimbing Lapangan dari pihak Perusahaan/Institutusi/Industri.
Melalui Praktik Industri mahasiswa diharapkan mampu melihat, mengamati, memahami dan menganalisis proses produksi serta kegiatan operasional lain yang dilakukan oleh Perusahaan/Institusi/Industri tempat melaksanakan Praktik Industri. Dengan melakukan pengamatan sekaligus melaksanakan kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa juga mampu menemukan masalah-masalah pada dunia industri atau dunia kerja untuk dijadikan sebagai topik Skirpsi atau Tugas Akhir.

B.     TUJUAN PRAKTIK INDUSTRI
Praktik Industri bagi mahasiswa Program D3 maupun Program Sarjana bertujuan untuk:
1.   Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menganalisis proses produksi, pengendalian mutu, kesehatan dan keselamatan kerja dan kegiatan operasional lainnya serta manajemen perusahaan,
2.     Meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah yang terjadi dalam dunia kerja atau dunia industri,
3.     Meningkatkan wawasan mahasiswa tentang dunia kerja, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia kerja atau dunia usaha,
4.     Memberikan solusi atas masalah-masalah yang timbul di tempat Praktik Industri sesuai dengan Program Studi dan keahliannya.

C.     MANFAAT PRAKTIK INDUSTRI
1.      Manfaat Praktik Industri bagi mahasiswa adalah  sebagai wahana untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan dunia kerja,
2.      Manfaat Praktik Industri bagi Universitas Negeri Malang (UM) adalah terciptanya pola kemitraan antara UM dan dunia kerja/dunia industri dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta kualitas lulusan UM,
3.      Manfaat Praktik Industri bagi Institusi tempat Praktik Industri adalah mendapat bantuan tenaga-tenaga terampil untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi.

D.    PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI
Praktik Industri merupakan perkuliahan yang dilakukan pada perusahaan atau industri secara terbimbing dan terpadu dalam keahlian sesuai dengan bidang studi sebagai wahana pembentukan kemampuan akademik (profesi).  Praktik Industri dilaksanakan dengan memanfaatkan libur panjang usai pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap, yakni antara bulan Juni dan Juli selama 8 – 10 minggu.

Dalam melaksanakana Praktik Indusatri mahasiswa dibimbing oleh seorang Dosen Pembimbing dan seorang Pembimbing Lapangan dari pihak Perusahaan/Institusi/Industri.  Selama dilapangan mahasiswa diwajibkan membuat laporan apa yang telah dilakukan dalam bentuk Laporan Praktik Industri. Isi Laporan Praktik Industri wajib mendapat persetujuan/pengesahan dari:
1.       Pembimbing Industri dan Pimpinan Perusahaan/Insitusi
2.       Dosen Pembimbing dan Ketua Jurusan Teknik Elektro UM.
Atas persetujuan Ketua Jurusan mahasiswa dapat mengajukan nama Institusi/Perusahaan/Industri tempat pelaksanaan Praktik Industri yang sesuai dengan Program Studi, keahlian dan minatnya. Selanjutnya Dekan Fakultas Teknik akan mengirimkan surat permohonan pelaksanaan Praktik Industri ke intitusi yang dimaksud. Setelah insitusi menyatakan bersedia dan menerima mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Industri, maka Dekan akan menerbitkan Surat Tugas bagi mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Industri pada Perusahaan/Institusi/Industri tersebut selama kurun waktu yang telah disepakati.
Tahapan kegiatan Praktik Industri di lapangan adalah sebagai berikut:
1.      Kegiatan Umum, mahasiswa melakukan orientasi perusahaan dalam rangka mengenal manajemen dan bidang usaha perusahaan, dan bersama-sama dengan Pembimbing Lapangan melakukan perencanaan kegiatan yang akan dilakukan selama Praktik Industri.
2.      Kegiatan Khusus, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Pembimbing Lapangan sesuai dengan keahlian atau program studinya. Selama melaksanakan tugas-tugas tersebut mahasiswa harus secara aktif berkonsultasi dengan Pembimbing Lapangan, mengenal dan menjalin hubungan baik dengan setiap Personal yang terkait dengan tugas-tugas yang diberikan.
3.      Menyusun Laporan, mahasiswa menuliskan hasil-hasil kegiatan yang dilakukan di tempat Praktik Industri baik Kegiatan Umum maupun Kegiatan Khusus.


Tabel 1. Rentang waktu pelaksanaan Praktik Industri di lapangan
No
Kegiatan
Minggu ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Kegiatan Umum










a.       Orientasi Institusi










b.      Perencanaan Kegiatan










2
Kegiatan Khusus










3
Penyusunan Laporan










a.       Pengumpulan Data










b.      Penyusunan  Draf Laporan










4
Ujian *)











Keterangan
*) Dilaksanakan di kampus selama awal semester Gasal (Semester V)

E.     BENTUK KEGIATAN PRAKTIK INDUSTRI
Selama melaksanakan Praktik Industri di lapangan mahasiswa wajib memiliki kreatifitas dan berinisiatif mencari kegiatan (meminta tugas) kepada Pembimbing Lapangan sebanyak-banyaknya. Namun harus selalu diperhatikan bahwa setiap kegiatan yang dilaksanakan di Perusahaan/Institusi/Industri  harus seijin Pembimbing Lapangan.

1.      Kegiatan Umum
Pada minggu pertama terjun di Perusahaan/Institusi/Industri  mahasiswa melakukan kegiatan orientasi Perusahaan dengan kegiatan berupa observasi, konsultasi dan wawancara dengan Pimpinan, Pembimbing Lapangan maupun karyawan lainnya untuk mengenal dan memperoleh data-data Perusahaan meliputi:
a.       Identitas Perusahaan (nama, alamat, nomor telepon dan Fax, website dll.)
b.      Bidang usaha atau produk yang dikembangkan.
c.       Stuktur organisasi.
d.      Susunan personalia.
e.       Manajemen produksi.
f.       Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
g.      Hal penting lainnya yang belum tercakup di atas.
Pada minggu kedua mahasiswa berkonsultasi dengan Pembimbing Lapangan tentang tugas-tugas yang harus dilakukan selama melaksanakan Praktik Industri. Rencana kegiatan ini dituangkan dalam bentuk Jadwal Kegiatan Praktik Industri.

2.      Kegiatan Khusus
Kegiatan Khusus mencakup pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Praktikan sesuai dengan yang tugas yang diberikan oleh Pembimbing Lapangan. Kegiatan Khusus ini hendaknya berupa kegiatan yang sesuai dengan keahlian dan Program Studi mahasiswa peserta Praktik Industri.

Ruang lingkup Kegiatan Khusus bagi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro adalah sebagai berikut:
a.       Perancangan, pemasangan, perawatan dan perbaikan instalasi listrik di dalam gedung,
b.      Perancangan, pemasangan, perawatan dan perbaikan instalasi listrik di luar gedung,
c.       Perancangan, pemasangan, perawatan dan perbaikan instalasi tenaga,
d.      Perawatan dan pengoperasian Jaringan Distribusi,
e.       Perawatan dan pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik,
f.       Perawatan dan perbaikan mesin-mesin listrik,
g.      Perawatan dan perbaikan hardware komputer,
h.      Pemasangan, perawatan dan perbaikan jaringan komputer,
i.        Perancangan, pengoperasian, perawatan dan perbaikan sistem instrumentasi dan kontrol,
j.        Bidang pekerjaan lain dalam lingkup ketenagalistrikan, instrumentasi dan kontrol.

F.      PENUTUP
Mengingat pentingnya pelaksanaan Praktik Industri bagi mahasiswa, besar harapan kami agar dapat diterima sebagai peserta Praktik Industri pada Perusahaan/Institusi/Industri yang Bapak/Ibu pimpin.
Demikian proposal yang kami ajukan, atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan banterima kasih.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Rokudzaime Navypet - Powered by Blogger - Distributed By Rokudza Themes - Designed by Rokudza